![]() |
Big data & bisnis |
Customer relationship management (CRM)
Anda
mungkin sudah melakukan beberapa usaha CRM untuk menjaga hubungan dengan
customer bisnis Anda. Ada beberapa tool diluar sana seperti Zoho atau Bitrix24
yang bisa membantu Anda mengelola kegiatan CRM Anda. Dengan tools ini Anda juga
bisa mengumpulkan dan menggunakan data dengan lebih mudah dan efisien.
Kebanyakan layanan CRM biasanya bersifat online dan membantu Anda untuk melacak
penjualan, leads, dan conversion rates.
Selain
itu, Anda juga bisa melacak complain dari customer, sejarah pembelian customer,
jenis-jenis customer, dan informasi yang lebih spesifik tentang customer Anda.
Customer relationship management adalah salah satu hal paling penting dalma
bisnis Anda karena ini bisa membantu meningkatkan sales dan membantu Anda
mengelola marketing dan operasional Anda dengan lebih mudah agar kebutuhan
customer terpenuhi.
Membantu operasional bisnis Anda menjadi lebih efisien
Big
data sekarang sudah digunakan di berbagai elemen bisnis. Di call center, sistem
CRM yang disertai dengan analytics dapat meninjau beberapa sumber data secara
langsung untuk menyarankan penawaran yang dapat diberikan perwakilan kepada
pelanggan. Di kantor dokter, analitik yang diintegrasikan ke dalam aplikasi
pemeliharaan kesehatan dapat meningkatkan hasil dengan menghadirkan dokter
dengan saran yang diinformasikan dan langkah selanjutnya yang perlu
dipertimbangkan dalam merawat pasien.
Perusahaan
asuransi, yang sejak dari dulu sudah mengandalkan data akan mendapat manfaat
signifikan dari pengenalan big data. Analisa khusus industri bisa membantu
mereka mempercepat pemrosesan klaim sambil mengurangi biaya dan menemukan
potensi penipuan dengan menggunakan solusi yang didukung analitik yang dapat
menentukan apakah klaim dapat diproses secara otomatis atau harus ditandai
untuk ditinjau oleh expert dulu.
Meningkatkan experience mobile pengguna
Tentunya
penggunaan smartphone membuat semuanya menjadi lebih cepat. Dengan kemampuan
pengambilan keputusan dan kecerdasan langsung di smartphone Anda, Anda akan
dapat menerapkan proses bisnis baru yang akan mengubah cara bisnis dilakukan.
Karena dunia berubah dengan cepat, informasi juga merupakan hal yang cepat
berubah. Smartphone memungkinkan pengumpulan data secara real time dan
memberikan insights.
Misalnya,
perusahaan pengiriman dengan truk di lapangan dapat meningkatkan operasionalnya
dengan menggunakan tools yang dapat mengantisipasi kondisi lalu lintas di
sepanjang rute tertentu pada waktu tertentu atau membuat rute baru jika ada
informasi tentang kecelakaan yang baru saja terjadi atau informasi yang
dimasukkan oleh pengemudi.
0 komentar: